Minggu, 18 November 2012

Frachising (Waralaba)

  • Pengertian waralaba menurut Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia No. 259/MPR/Kep/7/1997 Tentang Ketentuan dan Tata Cara Pelaksanaan Pendaftaran Usaha Waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas usaha yang dimiliki oleh pihak lain dengan satu imbalan bnerdasarkan persyaratan yang ditetapkan dalam rangka menyediakan dan atau penjualan barang atau jasa.
  • Franchising adalah suatu sistim pemasaran berkisar tentang perjanjian dua belah pihak, dimana terwaralaba menjalankan bisnis sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan oleh pewaralaba. 

 Jadi menurut saya Franchising atau waralaba adalah suatu sistem pemasaran yang terikat oleh dua belah pihak yang menjalankan bisnis atau usaha dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh kedua pihak tersebut.

FRANCHISING LOKAL 

1. Pengertian Franchising Lokal
    Franchising Lokal adalah suatu sistem pemasaran yang terikat oleh dua belah pihak yang menjalankan bisnis atau usaha di dalam negri.

2. Contoh Franchising Lokal 
  •  Alfamart
  • CFC
  • Circle
  • Cipaganti
  • Yomart
  • Holland Bakery
  • Bumbu Desa
  • Batagor Ihsan
  • Ayam Bakar Mas Mono
3. Keuntungan dan Kelemahan Franchising Lokal
    a. Keuntungan Franchising Lokal :
  1. Konsep bisnisnya sudah jelas dan dibantu dengan adanya pelatihan sehingga bisnis berjalan sesuai dengan konsep atau sesuai dengan produk utama.
  2. Menjalankan kosep bisnis yang sudah jalan dan dikenal oleh masyarakat.
  3. Kontrol bisnis sudah dibantu oleh system.
  4. Dapat konsultasi dengan penyedia waralaba setiap kendala yang dihadapi di lapangan.
  5. Pengembangan bisnis di pikirkan juga oleh penyedia waralaba.
  6. Terlindung dalam jaringan.
  7. Banyak produk dan jasa yang diiklankan di tingkat lokal dan nasional oleh perusahaan waralana utama.
  8. Konsep yang mapan.
  9. Pendamping.
  10. Standar dan kontrol kualitas.
   b. Kelemahan Franchising Lokal:
   
   1.    Rugi ketika salah memilih waralaba.
   2.    Keuntungan yang didapat sebagai penyedia waralaba menetapkan bagi hasil.
   3.    Sebagian penyedia waralaba tidak banyak membantu dalam mengembangkan bisnis.
   4.    Jika bisnis utama mendapatkan masalah makan akan berpengaruh terhadap bisnis waralaba lainnya.
   5.    Monoton.
   6.    Tidak bebas.
   7.    Kedudukan dalam perjanjian.
   8.    Ketergantungan.
   9.    Barang/jasa dan harga sudah ditentukan franchisor.
 10.    Memliki potensi konflik.
 11.   Tidak cukup memberi ruang bagi franchisee untuk melakukan inovasi bisnis.
 12.   Tidak memiliki pengawasan yang maksimal atas bisnisnya.

4. Manfaat Franchising Lokal

  1.    Memperkecil resiko kegagalan usaha.
  2.    Menghemat waktu, tenaga, dan dana untuk proses trial dan error.
  3.    Memberi kemudahan dalam operasional usaha.
  4.    Pengunaan nama merek sudah lebih dikenal masyarakat.

5. Kiat untuk mempertahankan Franchising Lokal

  1.   Berbicara pada konsuemn.
  2.   Pemilihan lokasi yang tepat.
  3.   Menjaga pengeluaran.
  4.   Perencanaan masalah.
  5.   Analisa bisnis yang dijalankan.

Referensi : 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar