Sabtu, 09 November 2013

SCRAPBOOK

SCRAPBOOK
Scrapbook adalah seni memempel foto atau gambar di atas media kertas dan menghiasinya sehingga menhasilkan suatu karya yang kreatif.
Ada 2 cara membuat scrapbook :
1.       Cara Manual
Untuk membuat scrapbook cara manual dibutuhkan kertas hias, lem, gunting, aksesories atau embellishment yang merupakan bahan dasar untuk pembuatan scrapbook secara manual.
Langkah-langkah membuat scrapbook secara manual :
1.       Foto yang mau dipakai, bedakan setiap ukuran foto.
2.       Kertas yang dibutuhkan : sediakan kerrtas polos untuk dasar dan kertas berpola.
3.       Kertas disobek dengan panduan penggaris ekmudian warnai dengan spidol atau pensil warna.
4.       Foto ukuran kecil dihiasi sesuai simetrinya.
5.       Foto diselipkan di kertas berpola.
6.       Kertas di potong-potong lalu disusun sesuai simetri dan beri keterangan.
7.       Scrapbook di beri judul.
8.       Tonjolkan fotonya dengan mengatur hiasan secara simetrikal.
9.       Halaman scrapbook al’s day

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYIdkr0qxiMRYL-CHLvEJ8sCjIKHwHOPkNmEb2FaTvXIDZJGT1PD-vLVdMUvzDOxQFP4i4Ozy8nP42QEj4NqT02ipea5W7aNYz9zmboyAvsGa2sY7Fw07L9E8aG7IcVwrYv7zQWwtRgZA/s320/bahan+scrapbook.jpg
1.1. Ini bahan-bahan yang diperlukan

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBRxw-LUQOzy_CJJkFUtNfmhKct1eDFimLvGnVCWin1xxnO4dBMiVj-K5q2L4ZEiTj2ouJeyRQnjCqWb7B-VRuPbILyVx7MhL2hIA8rJX-xt8PKUcln6eFasbERZwJKe9yY2Fd_6sTcws/s320/cuisine-scrapbook-1.jpg
1.2. Ini contoh scrapbook manual

2.       Cara membuat scrapbook digital
1.       Aktifkan photoshop, kemudian klik file menu pilih New. Pasti akan muncul kotak pertanyaan mengenai image size. Normalnya untuk scrapbook: 8x8inc, 12x12inch. Resolusi terbaik  untuk print adalah 300 dan web share 72.
2.       Pada menu file, klik open. Terus kita ambil paper di folder, kemudian aktifkan Move tool, kemudian file paper kita di drag masukan ke layer yang kita buat. Kemudian tekan ctrl T untuk mengadjust size di paper layar pertama maka akan muncul kotak-kotak kecil disisi-sisi gambar, kemudian tarik kiri/kanan/atas/bawah atau dari kotak-kotak pojok kanan agar hasil gambar proporsional.
3.       Klik open lagi pada menu file buka file foto yang akan kita masukan . caranya seperti no. 2.
4.       Klik open ambil embellishment, tags, ribbon,etc. Cara sama seperti langkah ke 2.
5.       Nanti akan kita dapati banyak layer kotak kerja sebelah kanan. Setelah itu kita susun diurutkan layernya agar jadi susunan yang rapih dan cantik.
6.       Setelah semua susunan sudah beres. Kemudian tambah text. Caranya klik text tool di panel kiri kemudian masukan kata-kata yang kalian inginkan.
7.       Kalau masih ingin merubah komposisi pada file PSD. Kita simpan terlebih dahulu di as PSD. Tapi jika sudah fix kita save as di JPEG . tetapi sebelumnya klik menu layar kemudian pilih Flatten Image.
8.       Setelah selesai tinggal di share di web atau di print kemudian di pigura.
 sumber: penawaran.co.cc


Tidak ada komentar:

Posting Komentar