Jumat, 16 November 2012

Bisnis Internasional

Perbedaan Perdagangan Internasional dan Pemasaran Internasional

Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Penduduk yang di maksud dapat berupa antarperorangan (individu dengan individu), antara individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain. 
Pemasaran Internasional adalah kegiatan pemasaran yang melewati batas-batas lebih dari satu negara. Pemasaran Internasional merupakan penerapan konsep, prinsip, aktivitas, dan proses manajemen pemasaran dalam rangka penyaluran ide, barang atau jasa perusahaan kepada konsumen di berbagai negara.
Perbedaan yang terjadi disini adalah dimana perdagangan internasional pada umumnya itu di lakukan dengan adanya hubungan timbal balik antar individu misalnya penukaran barang atau jasa yang saling menguntungkan . Sedangkan pemasaran internasional itu adalah bagaimana cara kita melakukan perdagangan internasional tersebut dengan konsep, prinsip, aktivitas dan proses manajemen pemasaran dalam penyaluran ide. 


Alasan setiap negara melakukan Bisnis Internasional

1. Spesialisasi antar bangsa-bangsa 
Dalam hubungan dengan keunggulan atau kekuatan tertentu beserta kelemahannya itu maka suatu negara harus menentukan pilihan yang strategis untuk memproduksi suatu komoditi yang strategis yaitu :
a. Memanfaatkan  semaksimal mungkin kekuatan yang ternyata benar-benar paling unggul sehingga dapat menghasilkan secara lebih efisien dan paling murah dari negara-negara lain.
b. Menitik beratkan pada komoditi  yang memiliki kekemahan paling kecil diantara negara-negara lain.
c. mengkonsentrasikan perhatiannya untuk memproduksikan atau menguasai komodiiti yang memiliki kelemahan yang tertinggi bagi negrinya.

2. Pertimbangan pengembangan bisnis
Perusahaan yang usdah bergerak dalam bidang tertentu dalam suatu bisnis didalam negri seringkali lalu mencoba untuk mengembangkan pasarnya keluar negri. Hal ini akan menimbulkan beberapa pertimbangan yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan atau terjun ke bisnis internasional tersebut :
a. Memanfaatkan kapasitas mesin yang masih menganggur yang dimiliki oleh suatu perusahaan.
b. Produk terserbut di dalam negri sudah mengalami kejenihan atau tahap penurunan (decline phase) sedangkan diluar negri justru berkembang (growth).
c. Persaingan yang terjadi didalam negri justru lebih tajam ketimbang persaingan terhadap produk tersebut diluar negri.
d. Mengembangkan pasar baru ke luar negri merupakan tindakan yang lebih mudah ketimbang mengembangkan produk baru didalam negri.
e. Potensi pasar internasional pada umumnya jauh lebih luas ketimbang potensi domestic.


Faktor-faktor yang mempengaruhi Bisnis Internasional

1. Kompetitif : Jenis dan jumlah pesaing, lokasi dan kegiatan mereka.
2. Distributif : Agen nasional dan internasional yang tersedia untuk mendistribusikan barang dan jasa.
3. Variabel Ekonomi : GNP, biaya buruh perunit, dan pengeluaran konsumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4. Sosioekonomi : Kataristik dan distibusi populasi manusia.
5. Keuangan : Variable seperti suku bunga, tingkat inflasi, perpajakan,
6. Legal : Jenis hukum asing dan domestik yang beragam dan harus dipatuhi oleh perusahaan internasional.
7. Fisik : Unsur alam seperti topografi, ilkim dan sumber alam.
8. Politik : Elemen politik bagsa seperti nasionalisme, bentuk pemerintahan dan organisasi internasional.
9. Sosiokultular : Sikap, pendidikan, kepercayaan, dll.
10. Buruh/Tenaga Kerja : Komposisi, keahlian.
11. Teknologi : Keahlian dan peralatan teknis yang mempengaruhi bagaimana sumber-sumber diubah menjadi produk.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar